Diberdayakan oleh Blogger.
    • Berita Hari Ini

      Baca Segera

    • Suara Pemirsa

      Apa Kata Mereka

Kuliner Khas Cilacap Brekecek

kuliner khas cilacap brekecek
brekecek
Brekecek, Kuliner Khas Cilacap yang Jadi Andalan Hotel Berbintang. Apa yang ada dalam pikiran Anda membaca menu Brekecek ini? Atau bisakah Anda melafalkan menu makanan satu ini dengan benar? Kenyataannya tidak semua orang bisa melafalkan menu makanan ini dengan benar.

Brekecek adalah menu makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah. Dalam suatu kesempatan, Hotel Dafam Cilacap menyelenggarakan FESTIVAL BREKECEK pada Kamis (2/9) yang lalu. Festival ini diadakan guna mempromosikan makanan khas CIlacap yang menonjolkan hasil lautnya. Selain menu utama ikan, brekecek disajikan dengan udang, cumi, daging dan ayam.

BREKECEK berasal dari kata BREK yang artinya dijatuhkan atau diletakkan dan KECEK yang artinya dikecek-kecek (dicampur) bumbunya. Di Cilacap, BREKECEK identik dengan kepala ikan Jahan, atau dalam bahasa Banyumasan dikenal dengan nama PATHAK JAHAN, seninya menikmati brekecek adalah dengan menyeruput pathak atau kepala ikan tersebut. Kepala ikan Jahan tersebut dicampur atau dikecek dengan bumbu khas, dan cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa rica-rica.

Dalam FESTIVAL BREKECEK ini, Hotel Dafam yang merupakan hotel bintang 3 mengangkat dan menjadikan BREKECEK ikan ini  menjadi menu andalah di hotel. Tak lain dan tak bukan, ingin lebih memperkenalkan kulinar khas kota Cilacap ini yang memang sangat kaya dengan hasil laut.

Upaya memasukkan BREKECEK sebagai menu andalan di hotel bintang tiga ini diharapkan mampu mendongkrak perkembangan wisata kuliner di kota Cilacap ini yang notabene kota penghasil ikan dan kota nelayan. Kedepannya orang akan semakin mengenal “Brekecek” bukan hanya didaerah Cilacap, namun bisa mendunia karena citarasa yang khas dengan bahan-bahan yang mudah didapat tentunya.

Selama festival, sajian BREKECEK ini disajikan Hotel Dafam dan dapat dinikmati kapan pun, menjadi makanan breakfast hingga menu makan malam.

sumber: http://www.iberita.com/49055/brekecek-kuliner-khas-cilacap-yang-jadi-andalan-hotel-berbintang

About Andi Hatmoko

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Top